1. Konteks
PS
A. Tujuan PSB
A. Tujuan PSB
1. Sebagai Pusat referensi ruang lingkup
bidang ekonomi
2. Sebagai tempat penelitian (skripsi)
3. Sebagai tempat penyedia informasi
4. Sajian karya ilmiah (skripsi, CD
skripsi
5. Jurnal
6. Koran
7. Kamus
8. Sebagai tempat diskusi
9. Preservasi(perawatan) bahan pustaka
B. Manfaat
PSB
1. Memberikan kebutuhan informasi bagi
mahasiswa / dosen
2. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi
proses pembelajaran, baik secara individual maupun kelompok
3. Menyediakan sumber referensi yang
terpecar
C. Fungsi
PSB
1. Fungsi pengembangan sistem pembelajaran
( mahasiswa dapat mengembangkan wawasan).
2. Fungsi produksi media pembelajaran
(adanya CD buku yang boleh dipinjamkan kepada mahasiswa namun tidak boleh
dibawa pulang).
3. Fungsi administrasi ( Terdapat program
disiplin, dengan diadakannya biaya denda. biaya denda akan dialokasikan untuk
pengembangan perputakaan)
4. Fungsi pelayanan Media pembelajaran. ( SIPADU)
5. Fungsi Pelatihan. ( PKL, PSG)
2. Personalia dan Pengelolaan
Pelayanan PSB
a. Pegawai perpustakaan bukan asli dari bidang ilmu perpustakaan,
Dengan pekerjaannya di perpustakaan, mereka mempunyai keterampilan mengenai bidang perpustakaan. Ketrampilan itu meliputi : mengadaan , pengolahan ( memberi stempel buku, menginput buku, dan pula menyampul buku)
b. Perpustakaan FE terampil dalam mengembangkan media pembelajaran. Contoh : Buku, komputer.
c. Perpustakaan Fe menyiapkan bahan pembelajaran berupa bahan pustaka sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan pengguna perpustakaan. Sehingga bahan pembelajaran yang diperoleh itu sesuai dengan kebutuhan informasi. Bahan pembelajaran ini sesuai dengan mata kuliah yang ada di fakultas ekonomi, selain itu perpustakaan FE ini juga menyediakan bahan pustaka berupa, novel, buku-buku komputer, bukuagama dan juga jurnal ilmu pengetahuan sosial, jurnal pendidikan, jurnal internasinal dan sebagainya.
d. Perpustakaan fe menyediakan Opac Onlinedalam mengakses data dan informasi.
Opac ini merupakan salah satu menu dari sipadu selain dari menu peminjaman, pengembalian, dll. Sipadu ini merupakan sistem layanan terpadu yang digunakan universitas negeri malang untuk mengakses data dan informasi secara online. Dengan adanya opac ini akan mempermudah kita dalam mencari bahan belajar. Opac ini digunakan dengan cara mengetikkan kata kunci pada bagan yang telah disediakan. Sehingga nanti akan tampak jelas keberadaan buku yang akan dicarinya. Selain itu mengakses data secara online lainnya yaitu pemesanan buku melalui Siakad, dengan pemesanan buku ini kita dapat memesan buku yang sesuai dengan kebutuhan kita dengan batas maksimal 3 buku.
e. Merawat PSB di perpustakaan Fe salah satunya dengan cara memberi sampul, membersihkan ruangan, mengantur kelembaban suhu udara dengan cara memberi AC dan sekat-sekat jendela , memberi sekat atau celah antara rak koleksi dan tembok, mengarsipkan skripsi.
Pengelolaan pelayanan PSB
a. Peralatan
Dalam skema organisasu pengelolaan terdapat peraltan, struktur adminis lembaga dana kepemimpinan. Peralatan ini berkaitan dengan prinsip pengelolaan PSB yaitu prinsip pusat informasi, peralaatn yang digunakan yaitu adalah komputer opac, dnegna komputer opac ini maka akan kita ketahui informasi yang diperlukan itu buku seperti apa. Komputer ini sering di pakai pengguna perpustakaan (pemustaka) untuk mengakases informasi bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan kita.
b. Struktur administrasi lembaga
Struktur administrasi lembaga ini berkaitan dengan prinsip pengelolaan pelayanan. Dikarenakan dengan adanya struktur administrasi lembaga ini akan membentuk suatu struktur tersendiri untuk petugas, selain itu sturktur ini nanti akan melihat pemakai siapa saja yang datang diperpustakaan, koleksi yang dibutuhkan, merancangkan fasilitas layanan dan alat penunjang lainnya untuk pengembangan suatu perpustakaan itu sendiri.
Struktur administrasi lembaga ini berkaitan pula dengan prinsip pengelolaan pengembangan instruksional, karena dengan adanya ini suatu struktur administrasi akan merencanakan bahan koleksi perpustakaan yang sesuai dengan kurikulum, seleksi peralatan dan bahan, merencanakan progam dan merevisi progam yang apabila progam itu sudah dilaksanakan.
c. Kepemimpinan
Perpustakaan FE dalam pengelolaan bagian kepemimpinan ini, sangat berkaitan dengan prinsip pengelolaan PSB, karena dengan kepemimpinan ini, pemimpin tahu bagaimana pengolah informasi, mengelola layanan, mengelola instruksional, dan mengelola produksi dengan cara pengadaan buku bahan ajar maupun buku koleksi perpustakaan sehingga sampai kepada penguna.
a. Pegawai perpustakaan bukan asli dari bidang ilmu perpustakaan,
Dengan pekerjaannya di perpustakaan, mereka mempunyai keterampilan mengenai bidang perpustakaan. Ketrampilan itu meliputi : mengadaan , pengolahan ( memberi stempel buku, menginput buku, dan pula menyampul buku)
b. Perpustakaan FE terampil dalam mengembangkan media pembelajaran. Contoh : Buku, komputer.
c. Perpustakaan Fe menyiapkan bahan pembelajaran berupa bahan pustaka sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan pengguna perpustakaan. Sehingga bahan pembelajaran yang diperoleh itu sesuai dengan kebutuhan informasi. Bahan pembelajaran ini sesuai dengan mata kuliah yang ada di fakultas ekonomi, selain itu perpustakaan FE ini juga menyediakan bahan pustaka berupa, novel, buku-buku komputer, bukuagama dan juga jurnal ilmu pengetahuan sosial, jurnal pendidikan, jurnal internasinal dan sebagainya.
d. Perpustakaan fe menyediakan Opac Onlinedalam mengakses data dan informasi.
Opac ini merupakan salah satu menu dari sipadu selain dari menu peminjaman, pengembalian, dll. Sipadu ini merupakan sistem layanan terpadu yang digunakan universitas negeri malang untuk mengakses data dan informasi secara online. Dengan adanya opac ini akan mempermudah kita dalam mencari bahan belajar. Opac ini digunakan dengan cara mengetikkan kata kunci pada bagan yang telah disediakan. Sehingga nanti akan tampak jelas keberadaan buku yang akan dicarinya. Selain itu mengakses data secara online lainnya yaitu pemesanan buku melalui Siakad, dengan pemesanan buku ini kita dapat memesan buku yang sesuai dengan kebutuhan kita dengan batas maksimal 3 buku.
e. Merawat PSB di perpustakaan Fe salah satunya dengan cara memberi sampul, membersihkan ruangan, mengantur kelembaban suhu udara dengan cara memberi AC dan sekat-sekat jendela , memberi sekat atau celah antara rak koleksi dan tembok, mengarsipkan skripsi.
Pengelolaan pelayanan PSB
a. Peralatan
Dalam skema organisasu pengelolaan terdapat peraltan, struktur adminis lembaga dana kepemimpinan. Peralatan ini berkaitan dengan prinsip pengelolaan PSB yaitu prinsip pusat informasi, peralaatn yang digunakan yaitu adalah komputer opac, dnegna komputer opac ini maka akan kita ketahui informasi yang diperlukan itu buku seperti apa. Komputer ini sering di pakai pengguna perpustakaan (pemustaka) untuk mengakases informasi bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan kita.
b. Struktur administrasi lembaga
Struktur administrasi lembaga ini berkaitan dengan prinsip pengelolaan pelayanan. Dikarenakan dengan adanya struktur administrasi lembaga ini akan membentuk suatu struktur tersendiri untuk petugas, selain itu sturktur ini nanti akan melihat pemakai siapa saja yang datang diperpustakaan, koleksi yang dibutuhkan, merancangkan fasilitas layanan dan alat penunjang lainnya untuk pengembangan suatu perpustakaan itu sendiri.
Struktur administrasi lembaga ini berkaitan pula dengan prinsip pengelolaan pengembangan instruksional, karena dengan adanya ini suatu struktur administrasi akan merencanakan bahan koleksi perpustakaan yang sesuai dengan kurikulum, seleksi peralatan dan bahan, merencanakan progam dan merevisi progam yang apabila progam itu sudah dilaksanakan.
c. Kepemimpinan
Perpustakaan FE dalam pengelolaan bagian kepemimpinan ini, sangat berkaitan dengan prinsip pengelolaan PSB, karena dengan kepemimpinan ini, pemimpin tahu bagaimana pengolah informasi, mengelola layanan, mengelola instruksional, dan mengelola produksi dengan cara pengadaan buku bahan ajar maupun buku koleksi perpustakaan sehingga sampai kepada penguna.
3.
Pola Manajemen
a)
Manajemen Sistem Informasi
· Bahan Pustaka
Bahan pustaka tercetak yang ada di perpustakaan fakultas ekonomi meliputi buku, jurnal, buku ajar (dosen), karya ilmiah (Skripsi (4 tahun terakhir) , Tugas Akhir, Laporan Penelitian, Kamus dan Laporan Kuliah Kerja Lapangan). Sedangkan bahan pustaka non cetak meliputi CD buku (boleh dipinjam hanya diperpustakaan) dan CD skripsi( hanya boleh dipinjam oleh dosen pembimbing).
· Katalogisasi
Katalogisasi untuk setiap koleksi yang ada di perpustakaan fakultas ekonomi sudah berpedoman pada DDC
· Jalannya Sistem Informasi
Sistem informasi di perpustakaan fakultas ekonomi sudah menggunakan sipadu, sama seperti di perpustakaan pusat UM
· Bahan Pustaka
Bahan pustaka tercetak yang ada di perpustakaan fakultas ekonomi meliputi buku, jurnal, buku ajar (dosen), karya ilmiah (Skripsi (4 tahun terakhir) , Tugas Akhir, Laporan Penelitian, Kamus dan Laporan Kuliah Kerja Lapangan). Sedangkan bahan pustaka non cetak meliputi CD buku (boleh dipinjam hanya diperpustakaan) dan CD skripsi( hanya boleh dipinjam oleh dosen pembimbing).
· Katalogisasi
Katalogisasi untuk setiap koleksi yang ada di perpustakaan fakultas ekonomi sudah berpedoman pada DDC
· Jalannya Sistem Informasi
Sistem informasi di perpustakaan fakultas ekonomi sudah menggunakan sipadu, sama seperti di perpustakaan pusat UM
b)
Manajemen Pelayanan
· Pelayanan Sirkulasi
Sistem pelayanan sirkulasi di perpustakaan ini sudah mengikuti progam sipadu sehingga memudahkan pegawai dalam melayani mahasiswa meminjam serta mengembalikan buku. Peminjaman buku di perpustakaan ini selama 14 hari dan maksimal meminjam 3 buku. Untuk yang mengerjakan skripsi dapat meminjam 7 buku dalam waktu 14 hari.
· Pelayanan Referensi
Koleksi seperti jurnal serta laporan penelitian dan laporan kuliah kerja lapangan hanya bisa difoto kopi oleh mahasiswa. Karena perpustakaan fakultas ekonomi tidak meminjamkan koleksi referensi.
· Pelayanan Khusus
Untuk mahasiswa non FE UM tidak dapat meminjam buku hanya dapat meminjam buku untuk fotokopi maksimal lima buku dalam 1 hari.
· Pelayanan Sirkulasi
Sistem pelayanan sirkulasi di perpustakaan ini sudah mengikuti progam sipadu sehingga memudahkan pegawai dalam melayani mahasiswa meminjam serta mengembalikan buku. Peminjaman buku di perpustakaan ini selama 14 hari dan maksimal meminjam 3 buku. Untuk yang mengerjakan skripsi dapat meminjam 7 buku dalam waktu 14 hari.
· Pelayanan Referensi
Koleksi seperti jurnal serta laporan penelitian dan laporan kuliah kerja lapangan hanya bisa difoto kopi oleh mahasiswa. Karena perpustakaan fakultas ekonomi tidak meminjamkan koleksi referensi.
· Pelayanan Khusus
Untuk mahasiswa non FE UM tidak dapat meminjam buku hanya dapat meminjam buku untuk fotokopi maksimal lima buku dalam 1 hari.
c)
Manajemen Pengembangan Intruksional
Pustakawan
di perpustakaan fakultas ekonomi ini bisa mengidentifikasi buku yang digunakan
mahasiswa sebagai sumber belajar mereka. Sehingga semua kebutuhan informasi
mahasiswa ekonomi seperti buku panduan belajar setiap matakuliah dan buku
referensi untuk skripsi, semuanya ada di perpustakaan ini.
d)
Manajemen Produksi
· Mengidentifikasi dan menganalisa masalah komunikasi
Pada saat membeli buku, terkadang buku/jumlah buku yang minta tidak sama saat buku itu datang. Sehingga buku itu dikembalikan lagi kepada penerbit. Karena dari awal mereka sudahmrmpunyai kesepakatan jadi jika ada kesalahan buku bisa dikembalikan lagi.
· Merancang dan memproduksi pesan
Setiap tahun pustakawan menanyakan kepada mahasiswa tentang buku apa saja yang mereka butuhkan dalam membantu mereka mengerjakan tugas kuliah. Pustakawan juga menerima list buku apa saja yang dibuutuhkan para dosen untuk bahan ajar mereka
· Mengidentifikasi dan menganalisa masalah komunikasi
Pada saat membeli buku, terkadang buku/jumlah buku yang minta tidak sama saat buku itu datang. Sehingga buku itu dikembalikan lagi kepada penerbit. Karena dari awal mereka sudahmrmpunyai kesepakatan jadi jika ada kesalahan buku bisa dikembalikan lagi.
· Merancang dan memproduksi pesan
Setiap tahun pustakawan menanyakan kepada mahasiswa tentang buku apa saja yang mereka butuhkan dalam membantu mereka mengerjakan tugas kuliah. Pustakawan juga menerima list buku apa saja yang dibuutuhkan para dosen untuk bahan ajar mereka
-
Mengadministrasikan fasilitas dan
personalia produksi media
Untuk menunjang sistem perpustakaan yang
sudah menggunakan sipadu sekarang perpustakaan fakultas ekonomi meminta
tambahan 5 komputer untuk digunakan mahasiswa saat melakukan layanan mandiri.
Dan 5 barcode reader untuk melayani mahasiswa saat peminjaman atau pengembalian
buku.
4.
Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Malang
(Terdapat dilampiran)
5.
Sarana
dan Prasarana
Sarana adalah peralatan atau perlengkapan utama yang
digunakan untuk membantu pekerjaan, sedangkan prasarana adalah dan mewujudkan
tujuan yang hendak dicapai oleh suatu organisasi.
Sarana Perpustakaan:
a.
Program
Sipadu
Sipadu adalah suatu software yang digunakan untuk
menjalankan otomasi perpustakaan. Sipadu ini merupakan software yang sejenis
dengan SLiMS dan Sipadu hanya digunakan di Perpustakaan Universitas Negeri
Malang, kegunaan Aipadu juga hampir sama dengan SLiMS seperti pengadaan dan
pngolahan buku, melayankan bahan pustaka, dan digunakan untuk layanan
sirkulasi. Dan masih banyak lagi kegunaannya.
b.
Komputer
Komputer
adalah alat yang digunakan untuk mengolah data. Ada 8 Komputer di Perpustakaan
Fakultas Ekonomi masing-masing memiliki kegunaan sendiri, yaitu 3 komputer
untuk penulusuran informasi, 1 komputer untuk pengolahan, 1 komputer untuk
pengumpulan skripsi dan check out buku, 1 komputer untuk check out buku, 1
komputer untuk pengembalian buku, dan 1 komputer lagi untuk presensi mahasiswa.
c.
Buku
Buku merupakan salah satu koleksi utama yang di
Perpustakaan FE UM. Perpustakaan ini melayankan buku tercetak
d.
Surat
Kabar (Koran)
Surat kabar juga merupakan salah satu koleksi yang berisi
tentang berita teraktual yang sedang terjadi.
e.
Skripsi
Selain buku dan Koran ada juga koleksi skripsi. Skripsi
tersebut adalah skripsi yang yang dihasilkan oleh mahasiswa FE. Mahasiswa FE
harus menyerahkan skripsinya kepada perpustakaan FE.
Jurnal
Ada berbagai macam jurnal yang ada di perpustakaan FE,
mulai dari jurnal nasional sampai jurnal internasional.
f.
Koleksi
Lainnya
Selain buku, surat kabar, dan jurnal ada juga koleksi
lainnya yang ada di perpustakaan FE. Seperti kamus, ensiklopedi, majalah,
laporan.
Prasarana
Prasarana merupakan alat penunjang untuk mencapai tujuan
organisasi
a.
Televisi
Di perpustakaan FE terdapat 2 televisi, 1 televisi
digunakan sebagai fasilitas tambahan untuk mahasiswa, sehingga mahasiswa yang
datang ke perpustakaan dapat menonton televisi, dan 1 televisi lagi digunakan
untuk memperlihatkan rekaman CCTV yang ada di fakultas ekonomi..
g.
Meja
Meja juga merupakan fasilitas tambahan yang disediakan
agar pengunjung dan karyawan perpustakaan FE merasa nyaman, ada beberapa macam
meja di perpustakaan ini, yaitu 22 meja untuk belajar sendiri, 12 meja untuk
belajar kelompok, 3 meja untuk komputer penelusuran, 6 meja lesehan dan 5 meja
untuk sirkulasi dan pengolahan.
h.
Kursi
Sama halnya dengan meja, kursi juga sebagai fasilitas
penunjang untuk membuat mengguna merasa nyaman. Jumlah kursi yang ada
diperpustakaan FE adalah 22 kursi belajar sendiri, 3 kursi untuk komputer
penulusuran, 60 kursi untuk belajar kelompok, 5 kursi untuk sirkulasi dan
pengolahan.
i.
Rak
buku
Rak buku juga merupakan fasilitas yang digunakan sebagai
tempat menyimpan buku. Rak-rak buku diperpustakaan FE berjumlah 15 rak.
j.
Rak
surat kabar
Rak surat kabar memiliki bentuk berbeda dengan rak buku,
lebih kecil dan memuat lebih sedikit, dan digunakan hanya untuk menyimpan surat
kabar.
k.
Loker
Loker sangat berguna bagi pengunjung yang memiliki barang
bawaan banyak. Jumlah loker di Perpustakaan FE UM ada 129 loker
l.
Barcode
reader
Merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi barcode
pada buku.
m.
Printer
Printer di perpustakaan FE hanya digunakan oleh pegawai
perpustakaan.
n.
Kereta
buku
Kereta buku digunakan untuk membawa buku yang sudah
dipinjam dikembalikan ke raknya.
6.
Kelemahan
dan Kelebihan Perpustakaan Fakultas Ekonomi
a.
Kelemahan
-
Karyawan
yang bekerja di perpustakaan FE buka merupakan lulusan jurusan ilmu
perpustakaan sehingga ilmu yang didapatkan hanya berasal dari saat karyawan
tersebut mengikuti training, seminar, dan rapat tentang perpustakaan.
-
Selain
bukan lulusan ilmu perpustakaan, karyawan perpustakaan FE juga kurang bisa
menguasai teknologi informasi.
-
Intenet
dan sistem penulusuran di perpustakaan FE suka mengalami error.
-
Meja
belajar sendiri dan meja kelompok menjadi satu tempat sehingga hal ini dapat
mengganggu pengguna yang berada di meja belajar sendiri.
-
Walaupun
sudah ada alat barcode reader, tetapi masih banyak buku yang belum memiliki
barcode.
-
Kurangnya
komputer untuk sistem penelusuran dan layanan mandiri sehingga menyebabkan
antrean panjang ketika mahasiswa ingin meminjam buku dan melakukan penulusuran
informasi.
b.
Kelebihan
-
Sudah
menggunakan program sipadu sehingga dalam melakukan pengolahan maupun layanan
mandiri dapat dilakukan dengan mudah.
-
Dibandingkan
dengan perpustakaan lain, perpustakaan FE lebih memiliki banyak koleksi karena
koleksi skripsi juga tersedia di FE
-
Loker
yang terawat baik. Selain loker yang terawat, jumlah loker juga mencukupi untuk
mahasiswa FE.
-
Karyawan
perpustakaan sangat ramah, sehingga pengunjung merasa senang dengan pelayanan
karyawannya.
-
Tersedianya
berbagai macam buku untuk mata kuliah yang diajarkan di FE.
-
Perpustakaan
FE sangat bersih dan nyaman menjadikan mahasiswa betah untuk berlama-lama di
perpustakaan.
7.
Dalam
perpustakaan FE tidak ada kegiatan yang di laksanakan, hal ini dikarenakan
tidak ada waktu , tidak ada perencanaan kegiatan, tidak ada kerja sama dari
lembaga lain, dan juga kepadatan akan pelyanan perpustakaan itu sendiri
sehingga membuat tidak ada perencanaan progam kegiatan.
Progam
yang dilakukan perpustakaan FE yaitu
o Pengadaan buku ( disesuaikan dengan kurikulum)
o Pengolahan buku (
memberi stempel pada buku diantaranya stempel Perpustakaan FE UM, Milik
Perpustakaan FE UM, dll, memberi lidah buku, menginput buku, menyampul buku
untuk siap disajikan kepada pengguna perpustakaan)
o Pengembangan IT ( penambahan komputer, penambahan barcode
reader, penambahan cctv)
o
Pengembangan
koleksi bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum pendidikan, dan kebutuhan
pengguna.
Tampilan diperbaiki, seperti paragraf, spasi, dan penomoran. Bila tidak mampu silakan file aslinya ditampilkan untuk bisa diunduh.
BalasHapusLihat contoh di http://robiah.malhikdua.com/2014/04/09/patologi-bahasa-dan-pragmatik/
BalasHapus